Kadis Kominfo Baubau: “Pers di Kota Baubau Tumbuh, Berkembang dan Adaptif”

BAUBAU--- Keberadaan Pers di Kota Baubau di momen peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 ini mendapat atensi dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Baubau – H. Andi Hamzah Machmud, S.Sos.,M.Si, yang menyebut bila Pers di daerahnya tumbuh dan berkembang dengan baik, serta dianggapnya adaptif dengan kondisi daerah.


“Pers di Kota Baubau sejak beberapa tahun ini telah tumbuh dan berkembang dengan baik. Bahkan sangat adaptif dengan keadaan. Teman-teman media, telah mampu menyesuaikan diri dengan berbagai keadaan, itu sebab mereka mampu bertahan di tengah perkembangan dan kemajuan teknologi dewasa ini,” kata Andi Hamzah (9/2).


Disebutkan, Kota Baubau juga telah menjadi wadah tempat lahirnya industri media, dari yang berlevel nasional dengan jejaring Jawa Pos Group seperti Buton Pos, maupun RRI, hingga level regional seperti Baubau Post. Juga terdapat beberapa media online yang bermarkas di Kota Baubau. 


“Bahkan beberpa media telvisi jejaring nasional telah menempatkan jurnalisnya di Kota Baubau, ini menunjukkan tumbuh dan berkembangnya industri dan profesi Pers di Kota Baubau,” ujarnya.


Data Diskominfo Kota Baubau, menyebutkan sekitar 135 orang tercatat sebagai jurnalis dan puluhan pekerja media di Kota ini. Lembaga medianya ada 16 media/ 


Andi Hamzah mengakui, Pemerintah Kota Baubau melalui Diskominfo sebagai instansi teknis mengakui adanya beberapa keterbatasan teknis, sehingga ikut mempengaruhi durasi pembinaan ke media secara langsung. Namun begitu, ia berharap keterbatasan itu tidak menjadi pembuat jarak dengan media.


“Kami telah menyiapkan satu ruangan di kantor Diskominfo untuk digunakan sebagai media center, dan satu ruangan bisa digunakan PWI untuk berkantor. Secara bertahap kita membangun hubungan harmonis antara media dengan pemerintah, tanpa membatasi independensi media dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” kata Andi Hamzah.


Ia juga mengapresiasi pekerja dan kelembagaan media di daerahnya yang terus menyampaikan informasi-informasi positif di Kota Baubau. Ini karena teman-teman telah bekerja secara profesional, dan rata-rata jurnalis di daerah ini telah tersertifikasi muda, dan madya, bahkan beberapa jurnalis adalah wartawan Utama. (PPID Utama Kota Baubau)